Rabu, 09 November 2016

Macam-macam penyebab nafsu makan berkurang

Nafsu makan berkurang merupakan suatu kondisi dimana seseorang akan kehilangan nafsu makanya untuk menyantap suatu makanan. Didalam dunia medis, berkurangnya nafsu makan dinamakan dengan anoreksia.

penyebab nafsu makan berkurang
gambar dr wikipedia.org



Berbicara masalah nafsu makan pasti yang terlintas dibenak semua orang adalah makanan, ya karena nafsu makan hubunganya dengan makanan. Bayangkan apa yang akan terjadi apabila nafsu makan menurun? Dampak yang pertama apabila nafsu makan menurun adalah badan menjadi lemas, karena kita akan malas untuk makan sehingga asupan nutrisi untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh berkurang. Selain itu dampak selanjutnya yang dapat terjadi pada tubuh adalah badan menjadi kurus.

Artikel terkait : Madu untuk menambah nafsu makan

Penyebab nafsu makan berkurang yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah karena gejala dari suatu penyakit. Misalnya saja masuk angin/deman, gejala dari demam sendiri salah satunya adalah penurunan nafsu makan. Namun anda tidak perlu khawatir karena seiring waktu berjalan demam akan sembuh dan nafsu makan pun akan kembali normal seperti biasa.

Akan tetapi tahukah anda selain dari gejala suatu penyakit bahwa nafsu makan dapat berkurang bisa disebabkan oleh faktor lain, berikut beberapa penyebab nafsu makan berkurang selain dari gejala suatu penyakit:

Penyebab nafsu makan berkurang pada orang dewasa




1. Banyak pikiran/stress berlebih
Banyak pikiran atau stress dapat diartikan sebagai suatu kondisi ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Biasanya seseorang yang mengalami stress karena mempunyai banyak pikiran atau masalah, entah itu masalah keuangan, pekerjaan, asmara, rumah tangga dan lain sebagainya. Dengan kondisi seperti itu kebanyakan orang yang mengalaminya akan mengalami gangguan seperti mudah marah, malas beraktifitas, dan nafsu makan berkurang

2. Rokok dan alkohol

Kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol merupakan kebiasaan buruk yang mesti kita tinggalkan karena dapat mengganggu kesehatan seseorang, selain itu ternyata merokok dan minum alakohol dapat menyebabkan penurunan nafsu makan seseorang. Untuk itu bagi anda yang sering mengalami penurunan nafsu makan, cobalah untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

3. Lauk pauk tidak lezat/tidak sesuai selera

Mungkin penyebab yang ketiga ini pernah atau sering dialami oleh semua orang, termasuk saya peribadi apabila lauk pauk tidak enak/tidak sesuai selera tanpa sadar nafsu makan akan menurun. Mungkin cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan selalu bersyukur dan menerima apa adanya ^_^.

4. Kafein

Selain nikotin yang terdapat pada rokok ternyata kafein juga dapat menekan nafsu makan/mengurangi nafsu makan seseoarang. Maka dari itu hindarilah minum kopi atau minum minuman lain yang mengandung kafein sebelum anda makan. Anda dapat menggantinya dengan air putih apabila dirasa nafsu makan anda berkurang atau batasi mengkonsusmi kopi secara berlebihan.

5. usia

Usia juga masuk kedalam daftar penyebab nafsu makan berkurang yang perlu anda ketahui. Dari hari kehari usia seseorang akan semakin bertambah, seiring bertambahnya usia tersebut maka indra perasa dan penciuman juga akan ikut berkurang. Itulah sebabnya mengapa diusia  senja seseorang akan cenderung untuk makan lebih sedikit dibanding disaat usia muda.

Penyebab nafsu makan berkurang pada balita


Apakah anda mempunyai balita yang saat ini sedang lucu-lucunya,? Apa yang akan anda lakukan apabila sikecil yang anda cintai tiba-tiba tidak nafsu makan/nafsu makanya berkurang? Mungkin anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu supaya dapat memberikan penanganan yang tepat, dan berikut beberapa penyebab nafsu makan berkurang pada anak/balita:

1. Sariawan

Memberikan asupan vitamin untuk sikecil mungkin agak sedikit sulit dibandingkang dengan anak yang sudah dewasa, karena sikecil akan sulit untuk makan diusia tersebut sehingga asupan vitamin yang dibutuhkan masih banyak yang kurang. Dengan kurangnya asupan vitamin pada sikecil tersebut dapat mengakibatkan beberapa kondisi dan salah satunya adalah sariawan.

Ciri-ciri sikecil terkena sariawan ditandai dengan adanya bulatan berwarna putih atau kuning di bagian dalam bibir, pipi, atau gusi. Kondisi inilah yang sering kali membuat nafsu makan pada sikecil berkurang atau bahkan tidak mau makan sama sekali karena merasakan sakit pada bagian yang terkena sariawan tersebut. Selain kurangnya asupan vitamin, ternyata sariawan bisa terjadi karena mulut tergigit, kekurangan vitamin, alergi makanan, dan terinfeksi virus.

2. Menolak makanan baru

Nafsu makan sikecil dapat berkurang apabila anda ingin memberinya makanan yang baru, contonya biasanya makanan yang sering diberikan adalah bubur, namun anda ingin memberikan makanan baru seperti pisang atau yang lainya. Nah saat itulah biasanya sikecil akan menolak makanan tersebut, kalaupun mau mungkin hanya sedikit saja. Namun anda tidak perlu khawatir, karena lama kelamaan sikecil akan beradaptasi dengan sendirinya.

3. Masih kenyang

Mungkin anda tidak menyadari bahwa salah satu penyebab balita tidak mau makan/nafsu makanya berkurang adalah karena masih kenyang. Andai saja sikecil sudah bisa bicara dengan lancar mungkin hal ini tidak akan terjadi, karena banyak kejadian yang sering dialami ibu-ibu bahwa balita yang mereka miliki merasa masih kenyang namun terus saja diberi makanan.

4. Demam

Demam tidak hanya menyerang orang dewasa saja, balita pun juga dapat terserang demam. Dengan kondisi demam tersebut nafsu makanya akan berkurang atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Untuk kondisi seperti ini sebaikny anda membawa balita anda kedokter atau bidan atau puskesmas.

Baca juga: cara menaikkan selera makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top