Sabtu, 01 Oktober 2016

Penyebab badan kurus yang harus kita tahu

| 08.40 |
Badan kurus merupakan suatu masalah bagi sebagian orang yang mengalaminya, kadang mereka bertanya kenapa kox badanku kurus padahal pola makanku sudah benar dan dengan porsi yang besar dan bahkan sering. Pertanyaan seperti itu sering kali ditanyakan oleh seseorang yang memiliki badan kurus kerempeng. Menurut para ahli kesehatan, makan dengan porsi yang besar belum tentu dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk. Karena badan kurus itu bisa dikarenakan banyak faktor yang menyebabkan bisa demikian.



penyebab badan kurus



Salah satu faktor tersebut adalah faktor genetik {keturunan}, jika orang tua kita mempunyai bentuk tubuh yang kurus maka anaknya akan susah untuk mendapatkan bentuk tubuh yang gemuk, akan tetapi bisa juga bentuk tubuh anak menjadi gemuk apabila ada gen dari kakek atau nenek nenek kita yang memiliki bentuk tubuh gemuk. Dan selain faktor genetik {keturunan} masih banyak faktor lain yang menyebabkan tubuh kita kurus.

Penyebab badan kurus  yang harus kita waspadai




1. Pola makan dan apa yang dimakan


Pola makan yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab badan seseorang menjadi kurus, pasalnya dalam sehari asupan kalori dalam tubuh harus kita jaga supaya tidak kekurangan. Jika kalori yang kita makan jauh lebih sedikit dari energi yang kita keluarkan maka dapat dipastikan tubuh kita akan mengalami penurunan berat badan. Untuk itu, silahkan baca artikel ini mengenai makanan agar cepat gemuk.

2. Merokok
Merokok merupakan suatu kebiasaan yang tidak sehat, karena rokok memiliki kandungan zat nikotin dan tar. kedua zat tersebut berbahaya bagi kesehatan organ tubuh kita. Selain kedua zat tersebut masih banyak zat lain yang juga berbahaya, tidak hanya itu saja merokok juga tidak baik untuk kesehatan otak, tulang, tenggorokan, jantung dan paru-paru.

Selain itu menurut penelitian perokok mempunyai tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Dan salah satu bahaya merokok adalah dapat mengurangi nafsu makan, sehingga kita akan merasa kenyang dan malas untuk makan. Maka dari itu orang yang merokok akan lebih rentan memlili tubuh yang kurus dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

3. Kurang olahraga
Kebanyakan orang menganggap bahwa olahraga merupakan cara alternatif untuk membuat tubuh menjadi langsing, memang benar jika olahrag dilakukan secara benar dan teratur dapat membakar lemak dalam tubuh dan membuat tubuh kita menjadi langsing. Namun apakah anda percaya bahwa kurang olahraga dapat menyebabkan tubuh kita menjadi kurus?

Olahrag tidak hanya bisa untuk melangsingkan tubuh, olahragapun ternyata juga dapat membuat berat badan kita bertambah. Makan tidak mengherankan bahwa orang yang memiliki postur tubuh yang kurus dan tidak pernah melakukan olahraga sama sekali maka tubuhnya malah akan semakin kurus. Untuk itu meskipun postur tubuh kita kurus dengan berolahraga maka otot dalam tubuh kita akan terlatih, sehingga massanya akan bertambah dan berat badan pun akan bertambah.

4. Kurang istirahat

Tubuh kita bukanlah robot yang bisa kita dongkrak terus untuk bekerja, tubuh kita adalah karunia/ciptaan Allah swt yang ada kalanya perlu melakukan istirahat. Kecapekan setelah beraktivitas seharian merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Sehinggga istirahat/tidur adalah langkah yang tepat untuk menghilangkan rasa capek tersebut.

Dengan istirahat yang cukup dalam keseharian kita maka kesehatan dan daya tahan tubuh kita akan tetap terjaga, sehingga tubuh kita akan merasa lebih fit dan nafsu makan pun akan bertambah. Beda cerita apabila kita kurang istirahat, jika kurang istirahat daya tahan tubuh kita terhadap penyakit akan lemah, tubuh merasa lemas, berat badan menurun, sering mengantuk dan nafsu makan pun akan berkurang.

5. Stress

Stres adalah suatu keadaan ketika seseorang mengalami tekanan yang sangat berat, baik secara emosi maupun mental baik karena masalah pekerjaan maupun masalah asmara dan lain sebagainya. Pada kondisi tersebut maka seseorang akan mengalami dampak kesehatan seperti, sering menyendiri, sering marah-marah, tidak mau makan dan lain sebagainya. Itulah yang berkaitan dengan berat badan yang tidak kunjung kujung bertambah karena dampak dari stress sendiri salah satunya adalah tidak mau makan.

6. Tenaga terforsir

Dalam bekerja sehari-hari kita harus membutuhkan asupan kalori dalam jumlah yang lebih apabila pekerjaan yang kita lakukan merupakan pekerjaan yang berat. Karena pekerjaan yang berat tersebut pastinya membutuhkan kalori dan tenaga yang digunakan juga harus besar. Karena jika tenaga yang kita keluarkan lebih besar dari pada kalori yang kita makan maka tubuh kita pasti akan kurus. Untuk itulah imbangilah antara asupan kalori dan tenaga yang dikeluarkan agar berat badan kita bisa ideal.

7. Penyakit

Penyebab badan kurus yang terakhir adalah penyakit, penyakit merupakn suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan diri seseorang {wikipedia.org}. memang benar penyakit merupakan salah satu penyebab badan kurus yang harus kita ketahui. Jenis penyakit yang dapat menyebabkan badan kurus antara lain TBC, Gangguan tiroid, Diabetes Mellitus, Penyakit HIV-AIDS, dan Penyakit pada usus atau gangguan malabsobsi (penyerapan) makanan di usus.

Itulah beberapa penyebab badan kurus yang sering kali tidak kita sadari, untuk itu pola makan yang baik, istirahat yang cukup, rutin berolahraga dan konsultasi ke dokter bisa menjadi solusi untuk menambah berat badan kita agar ideal atau pada berat yang sehat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top