Senin, 03 Oktober 2016

Penyebab badan tidak bisa gemuk dan cara mengatasinya

| 08.38 |
Merasa tidak percaya diri mungkin merupakan suatu sikap/hal yang normal ketika kita mempunyai badan yang kurus kerempeng dan selalu gagal dalam program menambah berat badan supaya menjadi gemuk atau terlihat lebih ideal. Mungkin sedikit artikel ini barangkali bisa menjadi petunjuk atau solusi untuk anda yang ingin tahu penyebab badan tidak bisa gemuk dan cara mengatasinya.

penyebab badan tidak bisa gemuk


Penyebab badan tidak bisa gemuk merupakan suatu masalah serius bagi seseorang yang mempunyai gen/faktor keturunan dengan postur tubuh yang kecil dan dengan tulang yang kecil pula. Itulah mengapa orang tersebut merasa sulit sekali untuk menambah berat badannya agar bisa ideal. Namun sebaliknya orang dengan faktor genetik kurus akan sangat mudah sekali untuk menurunkan berat badanya.

Siapapun pasti beranggapan bahwa dengan makan yang banyak atau dalam jumlah porsi yang besar kita bisa menambah berat badan. Namun anggapan tersebut belum sepenuhnya bisa dikatakan benar, pasalnya masih banyak orang yang makan dengan porsi besar namun berat badanya tidak kunjung bertambah, hanya segitu gitu saja.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penyebab badan tidak bisa gemuk itu tidak hanya dari faktor genetik/keturunan, namun masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab badan kurus. Berikut ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber yang terpercaya mengenai beberapa penyebab badan tidak bisa gemuk yang perlu kita ketahui.


Penyebab badan tidak bisa gemuk yang harus kita tahu


1. Penyakit

Selain faktor genetik/keturunan faktor kedua yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah penyakit. Penyakit erat kaitanya dengan kesehatan tubuh seseorang. Apabila seseorang tersebut mengidap suatu penyakit maka sistem metabolisme tubuh akan terganggu dan mengakibatkan dampak yang buruk.

Salah satu dampak dari suatu penyakit bermacam-macam dan tergantung jenis penyakit apa yang diderita, namun umumnya bila seseorang mengidap penyakit tubuhnya menjadi lemas, kurang bergairah, nafsu makan berkurang dan tubuh menjadi kurus. Dan menurut para ahli kesehatan, beberapa penyakit yang menyebabkan tubuh kurus antara lain, Hipertiroidisme, Penyakit Coeliac, Gangguan makan seperti anoreksia nervosa.

Cara mengatasi

Jika tubuh kita kurus dan sulit sekali untuk bertambah meskipun kita sudah melakukan pola hidup yang sehat maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah memeriksakan kesehatan pada dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

2. Pola makan yang tidak teratur

Penyebab badan tidak bisa gemuk yang kedua adalah pola makan yang tidak teratur, tidak teratur dalam artian kadang sarapan kadang tidak, kadang sarapan jam 8 kadang jam 10, kadang sehari hanya makan 2 kali, kadang 3 kali, kadang tidak makan siang dan lain sebaginya.

Pola makan yang tidak teratur merupakan kebiasaan yang tidak sehat dan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti maag, gangguan pencernaan, dan gangguan penyerapan gizi. Maka tidak mengherankan apabila pola makan kita tidak teratur maka tubuh kita susah sekali untuk menjadi gemuk.

Pasalnya organ tubuh kita membutuhkan asupan gizi/nutrisi secara tepat dan teratur untuk melakukan tugas sebagaimana mestinya, namun jika asupan kalori yang kita makan tidak dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh kita maka sudah pasti berat badan akan kurus, karena kalori sendiri merupakan sumber utama terciptanya energi.

Cara mengatasi

Sebenarnya pola makan yang tidak teratur itu disebabkan oleh kebiasan dari diri kita sndiri, jadi untuk mengatasinya kita harus membiasakan diri makan tepat pada waktunya. Dan jika bisa disarankan untuk makan lebih sering 5-6 kali dengan porsi yang sedang/biasa-bisa saja.

Kandungan gizi dari makanan yang kita makan pun juga harus kita perhatikan jika ingin cepat gemuk, makanan yang dianjurkan untuk menambah berat badan adalah makanan yang mengandung banyak kalori dan menyehatkan seperti singkong rebus, jagung rebus, telur rebus, daging ayam tanpa kulit, buah-buahan seperti alpukat, pisang, kurma, susu, jus, dan yogurt.

3. Stress

penyebab badan tidak bisa gemuk


Salah satu penyebab badan tidak bisa gemuk meskipun faktor genetiknya tidak kurus dan yang sering dialami kebanyakan orang adalah stress. Stress sendiri merupakan suatu kondisi ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental seperti malas beraktifitas, nafsu makan berkurang atau bahkan hilang, sering marah-marah dan lain sebagainya.

Cara mengatasi

Stress terjadi dari diri seseorang sendiri yang mempunyai masalah atau beban pikiran, masalah keuangan, hubungan sosial, atau tuntutan dalam pekerjaan. karena terjadi dari diri kita sendiri maka kita sendiripun yang harus bisa menghilangkanya. Cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan stress adalah belajar menerima masalah, belajar untuk mengendalikan diri, refresing, melakukan hal yang kita suka, sharing masalah denga teman atau keluarga, dan hindari cara menghilangkan stress dengan kebiasaan buruk seperti merokok atau minum minuman keras yang berlebihan.

4. Kebiasaan buruk

Perlu kita ketahui bahwa tubuh kita akan terbiasa dengan kebiasaan yang sering kita lakukan, artinya apabila kebiasaan buruk sering kali kita lakukan maka tubuh kita pun akan merespon dengan yang buruk pula. Maksut dari kebiasaan buruk disini antara lain, sering bergadang, merokok, minum minuman yang memabukkan, makan tidak teratur, dan lain sebagainya. Sebenarnya tanpa kita sadari kebiasaan buruk seperti yang dijelaskan diatas dapat membuat tubuh kita menjadi kurus, hanya saja kita tidak begitu menyadarinya.

Cara mengatasi

Yang namanya kebiasaan pasti sangatlah sulit untuk kita tinggalkan, namun jika berniat pasti kita dapat melakukanya. Misalnya saja sering bergadang hingga larut malam tanpa tujuan yang berguna, kita bisa menggantinya dengan tidur-tiduran supaya cepat mengantuk dan akhirnya tidur, atau menghindari minum kopi. Misalnya lagi kebiasaan buruk merokok, kita bisa menggantinya dengan makan permen karet, atau makan cemailan yang sehat.

5. Malas olahraga

penyebab badan tidak gemuk
gmbr dr surabaya.wartakesehatan.com


Penyebab badan tidak bisa gemuk yang terakhir adalah kurang berolahraga atau sama sekali tidak pernah berolahraga. Banyak sekali yang beranggapan bahwa berolahraga dapat membuat tubuh menjadi kurus/langsing, ya anggapan tersebut memanglah benar bagi seseorang yang memiliki tubuh yang gemu, karena lemak dalam tubuh terbakar karena aktifitas berolahraga. Namun bagi seseorang yang memiliki tubuh yang kurus justru dengan berolahraga dapat menambah/manaikkan berat badan, kenapa bisa begitu??

Seseorang yang memiliki postur tubuh yang kurus tentunya apabila jarang berolahraga maka otot-otot dalam tubuhnya akan lemah atau bisa dibilang kendor tidak berisi. Oleh karena itu olahraga secara teratur sangat disarakan bagi seseorang yang memiliki tubuh kurus supaya otot-otot dalam tubuhnya bisa terlatih dan menjadi berisi. Dengan kata lain otot-otot dalm tubuh tersebut dapat berkembang atau massanya akan bertambah, dengan masa yang bertambah otomatis berat badan pun akan bertambah.

Cara mengatasi

Cara mengatasi malas dalam berolahraga antara lain, ajak teman untuk berolah raga, dengan mengajak teman tentunya kita akan mempunyai semangat tambahan, pilih olahraga yang kita suka seperti berenang, bersepeda, main sepak bola, basket, badminton dan lain sebaginya. Dengan adanya teman dan memilih olahraga yang kita suka tentunya semangat kita akan bertambh.

Artikel terkait : Cara supaya cepat gemuk

Itulah 6 penyebab badan tidak bisa gemuk, dengan mengetahui penyebab tersebut diharapkan kita bisa menghindari hal-hal tersebut dengan yang lebih baik supaya berat badan ideal yang kita harapkan segera tercapai. Semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat

1 komentar:

  1. Sebuah artikel yang sangat berkualitas.memberikan informasi yang bermanfaat.semoga sukses selalu
    Obat kencing nanah

    BalasHapus

Back to Top