Senin, 10 Oktober 2016

Cara agar berat badan turun dengan cepat dan sehat

| 08.40 |
Makin banyaknya warung makan penyedia makanan dengan berbagai selera yang diinginkan membuat seseorang lebih mudah memilih, membeli dan memakan makanan yang diinginkan. Hanya dengan bermodalkan uang yang tidak terlalu besar saja kita dapat makan makanan yang sesuai dengan selera kita. Bahkan ada juga warung makan yang mempunyai jasa mengantar makanan sampai tempat tujuan.

Dengan bebagai kemudahan tersebut tentunya membuat seseorang merasa dimanjakan, karena dapat makan sesuai yang diinginkan dan tidak perlu jauh jauh untuk mendapatkanya. Pada umumnya seseorang akan mengira bahwa jika keinginan kita bisa terpenuhi misalnya saja makan enak maka tubuh kita pun akan sehat. Namun aggapan tersebut belum tentu benar, belum tentu makanan enak yang kita makan dapat membuat kita sehat.

Karena beberapa makanan yang enak kadang mengandung kolestrol tinggi, banyak lemak jenuhnya dan lain sebagainya, sehingga tanpa sadar berbagai penyakit dapat mengintai kita. Untuk itu pastikanlah makanan yang dimakan merupakan makanan yang sehat, rendah lemak jenuh maupun rendah kolestrolnya. Selain itu porsi makan pun harus kita kontrol supaya berat badan kita tidak berlebihan/gemuk.

Pasalnya dengan selalu makan enak tanpa mengontrol pola makan kita dengan teratur sangat beresiko memiliki badan yang gemuk. Maka dari itu pola makan yang baik dan sehat harus kita ketahui supaya berat badan kita bisa ideal, dengan berat badan yang ideal tentunya kita akan lebih percaya diri.

Berbicara masalah berat badan menjadi gemuk tentu banyak faktor yang mempengaruhinya, banyak makan sudah pasti banyak orang yang sudah tahu, sering makan cemilan sudah pasti banyak orang yang mengetahuinya, jarang olahraga juga sudah pasti banyak orang yang mengetahuinya juga. Lalu apa saja penyebab berat badan bertambah yang jarang diketahui??

Apabila anda salah satu orangnya berikut ini penyebab badan gemuk yang jarang semua orang mengetahuinya.


Penyebab badan gemuk yang jarang diketahui banyak orang




1. Faktor genetik

Mungkin sudah menjadi anugrah dari Allah SWT jika kita diberikan tubuh yang gemuk namun dengan keadaan yang sangat sehat. Fakor gen/keturunan merupakan salah satu penyebab badan gemuk yang jarang disadari, apabila kedua orang tua mempunyai postur tubuh yang gemuk pasti anak'nya akan menuruni postur tubuh kedua orang tuanya tersebut. Namun belum tentu juga anak tersebut gemuk, karena bisa jadi gen yang menurun dari gen kakek/neneknya.

2. Strees


Ketika kita dalam keadaan stres, tubuh akan menjadi tegang dan memproduksi hormon yang bernama kortisol. Hormon kortisol inilah yang menjadi penyebab utama meningkatnya nafsu makan seseorang, sehingga dapat membuat kita selalu ingin makan apa saja dalam kondisi apapun maupun waktu kapan pun.

3. Tidur hingga larut malam

Apa tidur laut malam dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk? Sebenarnya tidur hingga larut malam bukanlah penyebab tubuh kita dapat menjadi gemuk, akan tetapi biasanya seseorang yang tidur hingga larut malam akan merasakan lapar. Rasa lapar itulah yang mendorong kita untuk makan makanan, tidak peduli makanan tersebut sehat atau tidak yang penting perut bisa merasa kenyang.

Dengan keadaan seperti itu dan berulang-ulang maka kandungan kalori yang ada pada makanan tersebut akan tertimbun didalam tubuh kita. Dan apabila kalori tersebut berlebih atau lebih besar dari kebutuhan kalori pada tubuh kita maka akan ditimbun menjadi lemak didalam tubuh, itulah kaitanya antara tidur hingga laut malam dengan berat badan.


4. Mengkonsumsi obat tertentu
Apakah benar mengkonsumsi obat dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk? Menurut para ahli dibidang kesehatan jawanya adalah "iya". Ya memang benar, jika mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang dapat beresiko menambah berat badan menjadi gemuk. Akan tetapi tidak semua obat dapat membuat tubuh menjadi gemuk, hanya obat-obat tertentu saja. Obat tertentu yang dimaksut sperti obat anti depresan, obat tidur, steroids, dan obat/pil KB.

5. Penyakit

Terakhir mengenai penyebab badan gemuk yang jarang diketahui adalah penyakit, salah satu penyakit tertentu dapat mengganggu peran kerja sebuah hormon sehingga bertambahnya berat badan. Beberapa penyakit yang dapat membuat badan menjadi gemuk seperti Hipotiroidisme, hipotiroidisme merupakan suatu kondisi tubuh yang tidak dapat memproduksi hormon tiroid secara mencukupi sehingga menyebabkan pertambahan berat badan akibat melambatnya metabolisme tubuh.

Apabila anda sedang menjalani program diet secara sehat dan tepat untuk mendapatkan tubuh yang ideal namun tidak kunjung berhasil, maka solusi terbaik adalah konsultasi kepada dokter atau tenaga medis yang tepat.


Dengan mengetahui penyebab badan gemuk diatas tentunya kita bisa lebih berhati-hati untuk mengatur pola hidup yang sehat supaya berat badan kita tidak bertambah melebihi ukuran ideal. Dan jika dirasa berat badan melebihi ukuran ideal/kegemukan, maka mau tidak mau dan alangkah baiknya kita harus menurunkanya. Tentunya menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.


Cara menurunkan berat badan yang baik dan sehat

 


Cara agar berat badan turun dengan cepat dan sehat



1. Makan dengan porsi kecil

Makan memang menjadi sebuah ukuran untuk menentukan berat badan kita, apabila kita hobi makan sudah pasti berat badan kita mudah bertambah menjadi gemuk. Begitupun sebaliknya, jika kita makan dengan porsi yang sediktit sudah pasti tubuh kita bisa menjadi kurus. Kenapa bisa begitu?? karena jika makan dengan porsi yang besar maka kalori yang diterima oleh tubuh pun juga pasti besar. Bagitupun sabaliknya apabila makan dengan porsi sedikit maka asupan kalori yang diterima tubuh pun juga sedikit.

Karena jika kalori yang berlebih dan tidak terpakai akan diubah menjadi lemak, lemak berlebih itulah yang membuat seseorang menjadi gemuk. Jadi antara kalori yang dimakan harus seimbang dengan kalori yang dibuang, untuk itu makan dengan porsi kecil dapat membantu menurunkan berat badan

2. Rutin Olahraga

Olahraga memang menjadi kunci utama seseorang untuk memliki tubuh yang ideal dan indah, karena dengan olahraga lemak dalam tubuh kita akan terbakar dan otot-otot dalam tubuh pun tidak kendor. Dengan rajin berolahraga secara rutin dan teratur setidaknya 2 jam dalam seminggu maka tubuh kita akan lebih ideal. Olahraga yang disarankan untuk menurunkan berat badan antara lain aerobik, berlari, renang dan bersepeda.

3. Minum air terlebih dahulu sebelum makan

Beda halnya ketika seseorang ingin menjadi gemuk, jika ingin menjadi gemuk disarankan untuk tidak minum terlebih dahulu sebelum makan. Akan tetapi jika kita ingin menurunkan berat badan sangat disarankan untuk minum air terlebih dahulu sebelum makan. Hal ini bertujuan supaya kita merasa lebih kenyang sehingga porsi makan pun akan sedikit, jika porsi makan sedikit otomatis kalori yang masuk pun juga sedikit dan tubuh akan mengambil lemak untuk dijadikan energi.

4. Pilihlah makanan yang tepat

Makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan adalah makanan yang banyak mengandung protein dan serat bukan makanan yang mengandung lemak. Karena dengan kandungan protein dan serat tersebut akan memberikan rasa kenyang lebih lama, selain itu makanan yang berprotein dan berserat dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh. Makanan yang kaya protein dan serat antara lain kacang-kacangan, buah {pisang,alpukat,apel,pepaya,pir}, dan sayur {brokoli,kubis,kentang,kembang kol,kubis merah}.

5. Jangan lupa untuk sarapan

Banyak yang mengira jika ingin berat badan kita turun dengan cepat maka jadwal makan kita harus kita kurangi, ya anggapan itu memang benar namun kurang sehat untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika kita meninggalkan sarapan atau menghapus jadwal sarapan.

Meskipun kita sedang menjalani program diet/menurunkan berat badan jangan melupakan sarapan, karena sarapan mempunyai manfaat yang sangat baik baik untuk kesehatan tubuh misalnya sebagai sumber energi, meningkatkan konsentrasi otak, memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan masih banyak manfaat lainya. Dan yang harus diingat, jika sarapan ditinggalkan maka tubuh akan merasa sangat lapar dan selalu ingin makan cemilan hingga berlebihan.

6. Kurangi makanan manis

Makanan manis merupakan makan yang mengandung banyak glukosa sehingga dapat memberikan energi untuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan makanan yang mengandung protein atau kalori. Meskipun dapat memberikan energi yang lebih besar namun makanan manis tersebut dapat memicu timbulnya penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan. Tidak hanya itu saja, makanan manis juga dapat membuat tubuh kita menjadi cepat gemuk. Makanan manis yang dimaksut antara lain teh manis, kue brownies, donut, minuman bersoda, dan sejenisnya.

7. Hindari makan sebelum tidur

Makan merupakan suatu aktifitas memasukkan sesuatu kedalam mulut supaya tubuh kita memeperoleh nutrisi dari apa yang dimakan. Pada dasarnya kandungan nutrisi makanan yang kita makan akan digunakan tubuh untuk menghasilakan energi untuk beraktifitas. Jika kandungan nutrisi pada makanan seperti kalori dan sebagainya tersebut tidak digunakan maka akan ditumpuk dan dijadikan lemak.

Maka dari itu apabila anda sedang melakukan program menurunkan berat badan hindarilah makan sebelum tidur, supaya kandungan-kandungan pada makanan tersebut tidak menumpuk menjadi lemak. Namun apabila sangat-sangat lapar maka pilihlah makanan yang sehat seperti buah atau sayur untuk mengganjal rasa lapar anda.

8. Hindari makan cemilan
Makan cemilan merupakan kebiasaan yang kurang baik apabila dilakukan secara rutin, apalagi cemilan yang kurang sehat seperti gorengan, es krim dan lain sebagainya. Jika anda ingin menurunkan berat badan sebaiknya hindari makan cemilan, karena faktor utama seseorang yang mempunyai berat badan berlebih adalah tidak pernah olahraga dan sering makan cemilan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam menurunkan berat badan adalah dengan memulai pola hidup yang sehat seperti makan tepat waktu, rutin berolahraga, makan makanan yang bergizi dan sehat, serta istirahat yang cukup dan bila perlu anda bisa konsumsi obat gemuk tradisional supaya lebih maksimal. Dengan pola hidup yang sehat dan teratur pastinya kita bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat pula, karena tubuh yang tidak sehat pastinya mempunyai alasan atau sebab tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top