Selasa, 27 September 2016

Cara supaya cepat gemuk dengan sehat

| 07.28 |
cara supaya cepat gemuk


Cara supaya menjadi cepat gemuk merupakan suatu usaha yang bisa dibilang gampang gampang susah.Pasalnya ada beberapa orang yang mudah menjadi gemuk/bertambah berat badanya meskipun porsi makanya hanya biasa-biasa saja, ada pula seseorang yang selalu makan dengan porsi yang besar namun sulit menjadi gemuk/ bertambah berat badanya.

Jika anda adalah salah satu orang yang sulit bertambah berat badanya maka sebelum memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu apakah berat badan anda memang berada di bawah berat badan normal. Jika memang iya, maka cara terbaik untuk meningkatkan berat badan tergantung kepada hal apa yang menyebabkan berat badan anda berkurang. Misalnya tenaga anda selalu terforsir dalam hal pekerjaan, jarang makan karena tidak nafsu makan, atau ada gangguang penyakit dan lain sebagainya, hal hal itulah terkadang menyebabkan berat badan anda sulit untuk bertambah gemuk.

cara agar cepat gemuk


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa sebelum memulai program peningkatan berat badan supaya cepat gemuk anda harus tahu dahulu mengenai Indeks Massa Tubuh (IMT) anda. Indeks Massa Tubuh (IMT) sendiri digunakan untuk mengetahui apakah berat badan anda memang berada dibawah ukuran berat badan normal ataukah sudah ideal. Untuk lebih jelasnya mengenai Indeks Massa Tubuh (IMT) bisa anda baca dan hitung sendiri pada url ini http://www.medkes.com/2013/11/kalkulator-imt-ukur-berat-badan-ideal.html

Dan jika dirasa berat badan anda kurus dan ingin mengetahui cara supaya cepat gemuk, silahkan simak tips-tips sederha mengenai cara agar anda bisa cepat gemuk dan sehat dibawah ini:

Cara sehat supaya cepat gemuk yang aman

   
1. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Makan makanan yang sehat dan bergizi tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh kita, jika tubuh kita sehat pastinya metabolisme dalam tubuh kita akan berjalan dengan lancar. Makanan yang sehat dan bergizi antara lain seperti pada sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung protein tinggi misalnya daging merah, telur, tahu, tempe, daging ayam tanpa kulit dan lain sebagainya.
   
2. Makan dengan porsi sedikit namun sering

Umumnya semua orang makan dalam sehari sebanyak 3 kali dengan porsi yang mereka kehendaki, namun jika anda ingin cepat gemuk  menurut para dokter makan dengan porsi sedikit namun lebih sering itu lebih baik agar tubuh kita cepat gemuk. Misalnya dalam sehari 5-6 dengan porsi yang sedikit. Dan menurut ajaran islam, makan secara berlebihan sangat membahayakan kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, janganlah anda sekali makan dalam porsi yang sangat banyak.

3. Makan camilan sehat

Selain makanan utama makan cemilan juga harus kita lakukan, karena makan cemilan merupakan salah satu cara supaya tubuh kita cepat gemuk. Namun cemilan yang kita makan haruslah cemilan yang sehat seperti buah-buahan, salad, kacang-kacangan, sayuran da lain sebagainya.

4. Minumlah susu dan jus

Susu atau jus merupakan minuman yang sehat dan alami, karena mengandung banyak vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu jika anda ingin cepat gemuk minumlah susu atau jus secara teratur dipagi hari dan sebelum tidur supaya berat badan cepat bertambah. Sebisa mungkin jangan menambah gula, karena kandungan gula pasir beresiko terkena diabetes mellitus jika terlalu sering. Jika menghendaki manis, bisa ditambah dengan madu murni.

5. Hindari minuman yang mengandung kafein dan bersoda

Tahukah anda ternyata minuman yang mengandung kafein ataupun soda misalnya kopi, teh dan sebagainya dapat menahan rasa/nafsu makan. Selain itu kandungan asam dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya sakit maag. Jika anda ingin memulai program penggemukan badan makan hindarilah mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein atau soda supaya program agar supaya cepat gemuk yang anda lakukan cepat berhasil.

6. Hindari minum sebelum makan

Hindarilah minum banyak air sebelum makan, karena hal tersebut dapat membuat perut merasa kenyang sehingga nafsu makan akan berkurang. Sebaiknya minumlah air di saat makan atau 30 menit setelahnya karena tubuh dapat menyerap lebih banyak kalori.

7. Hindarilah kebiasaan merokok

Bagi anda yang menginginkan tubuh supaya cepat gemuk maka hindarilah merokok, karena merokok dapat membuat selera makan kita akan hilang. Selain itu rokok juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

8. Olahraga secara teratur

Kebanyakan orang berpikir bahwa semua olah raga dapat menurunkan berat badan, namun yang perlu anda ketahui bahwa tidak semua olahraga itu dapat menurunkan atau mengurangi berat badan. Ada juga olah raga yang bisa menambah berat badan, dan bagi anda yang ingin memiliki tubuh supaya cepat gemuk berolahragalah secara teratur, olahraga yang disarankan adalah bersepeda, jogging, aerobik, angkat beban, dan berenang, karena olahraga tersebut dapat membentuk badan dan menambah massa otot. Hal ini lumrah dilakukan oleh pria, sehingga cara menggemukan badan pria sangat dianjurkan untuk melakukan olah raga secara teratur.

9. Istirahat yang cukup dan kurangi strees

Istirahat yang cukup sangatlah penting untuk menjaga kesehatan ataupun mengontrol berat badan anda, jika dirasa anda kurus maka istirahatlah yang cukup dan teratur dan juga hindari bergadang samapai larut malam. Selain itu kurangi strees anda, biasanya strees hubunganya dalam hal pekerjaan atau masalah keungangan, jadi usahakan untuk mengontrol pikiran dan tenaga anda supaya tidak terforsir dan mengakibatkan strees.

10. Siapkan makanan sehat kesukaan anda

Makanan favorit atau makanan kesukaan kita bisa menjadi andalah untuk meningkatkan berat badan, pasalnya dengan adanya makanan favorit tersebut maka selera makan kita akan bertambah. Dan pastinya kita bisa makan dalam porsi yang banyak sehingga tubuh kita akan cepat gemuk. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah makanan favorit yang sehat, seperti sayur, buah, daging tanpa lemak dan lain sebagainya.

Itulah sedidikit cara sederhana supaya tubuh cepat gemuk yang dapat anda lakukan, dan tentunya harus dilakukan secara teratur dan konsisten. Selain itu anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter ahli gizi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program supaya cepat gemuk. Cukup sekian, semoga informasi tersebut bermanfaat dan anda dapat mencapai berat badan yang sehat dan ideal seperti yang diharapkan.

sumber: alodokter.com

1 komentar:

Back to Top